Aplikasi File Manager: Root Explorer

Assalaamualaikum warohmatullaahi wabarokaatuh. Selamat siang, salam sejahtera.

Kembali saya mengulas tentang aplikasi Android yang wajib ada pada perangkat telepon genggam saya setelah sebelumnya membahas kategori aplikasi obrolan, kali ini kategorinya adalah aplikasi manajer berkas (file manager) Root Explorer. Aplikasi ini tersedia di Play Store dengan harga Rp. 50.662 (Indonesian Rupiah)

Root Explorer is the ultimate file manager for root users. Access the whole of android’s file system (including the elusive data folder!).

Dikutip dari laman Play Store

Fitur yang dibawa Root Explorer ini kurang lebih sama seperti pengatur berkas lainnya. Yaitu untuk menjelajahi berkas pada perangkat telepon genggam, salin, tempel, potong, membuka file, dan lain-lain. Lalu apa yang menjadi alasan saya memfavoritkan aplikasi ini sehingga harus ada di perangkat yang saya pakai?

Root explorer mendukung penjelajahan berkas sistem Android sebagai pengguna root. Sehingga saya dapat mengakses dan mengubah beberapa berkas sistem untuk keperluan pribadi. Ini alasan paling utama.

Kemudahan penggunaan. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan, bisa dibilang tidak membingungkan pengguna. Saya sangat nyaman menggunakan aplikasi ini untuk menyalin, memotong, menempel berkas, atau bahkan membuka beberapa tipe berkas langsung dari aplikasi ini seperti ekstrak berkas zip, rar, dan berkas arsip lainnya.

Sudah saya singgung di paragraf sebelumnya, aplikasi ini dapat membuka beberapa jenis berkas seperti lagu, gambar, teks, dan berkas umum lainnya. Dan yang paling saya suka adalah bisa “membongkar” (tidak men-decompile loh yaaa) berkas APK (Android Package)¬†atau berkas master dari aplikasi Android. Biasanya saya membuka APK untuk melihat info suatu aplikasi dari berkas manifest.xml-nya sih. Atau untuk sedikit melihat suatu aplikasi dikembangkan menggunakan teknologi apa. Agak curang memang hahaha. Selain berkas APK, juga bisa membuka berkas database SQLite sehingga tidak perlu menggunakan aplikasi lain untuk membukanya. Fitur ini juga sering saya gunakan.

Berikut tangkapan layar dari aplikasi Root Explorer (klik untuk membuka gambar):

 

Cukup untuk sekarang, jika ada yang kurang nanti akan saya tambahkan lagi. Jika Anda ingin mengunduh aplikasi ini, bisa buka Play Store Anda dan cari Root Explorer, atau bisa melalui tautan ini.

Jika ada pertanyaan, kritik, saran, atau apapun itu, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih

1 thought on “Aplikasi File Manager: Root Explorer”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *